Langsung ke konten utama

Pembangunan berbasis populasi di NTB


Praktek pembangunan nasional di Indonesia menjadikan jumlah populasi di wilayah tertentu sebagai salah satu pertimbangan utama perumusan kebijakan. Hal ini adalah perkara yang rasional mengingat tujuan utama suatu negara tidak pernah terlepas dari dua hal yaitu kesejahteraan dan keamanan dimana kedua hal tersebut adalah hal yang melekat dan periringan dengan populasi wilayah. Kompleksitas masalah dalam suatu wilayah berbanding lurus dengan jumlah penduduk di wilayah tersebut sehingga semakin banyak populasi suatu wilayah, maka akan semakin besar perhatian yang perlu diberikan oleh pemerintah terhadap pemenuhan kesejahteraan dan kemanan di wilayah tersebut.
Di Nusa Tenggara Barat, perumusan kebijakan pembangunan terutama yang berkaitan dengan infrastruktur juga tidak terlepas dari paradigma tersebut. Akan tetapi perlu disadari bahwa terdapat  karakteristik geografis dalam wilayah Nusa Tenggara Barat yang berpotensi untuk menimbulkan masalah sosial jika tidak diberi perhatian khusus. Kondisi geografis yang dimaksud adalah terdapatnya dua pulau utama pada wilayah adminstrasi provinsi NTB yaitu Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Kondisi ini memisahkan dua kelompok masyarakat yang secara domografis berbanding terbalik. Jumlah penduduk di Pulau Lombok adalah dua pertiga dari keseluruhan populasi NTB sementara luas wilayahnya hanya sepertiga dari keseluruhan wilayah. Sebaliknya Pulau Sumbawa dengan jumlah penduduk yang hanya sepertiga dari keseluruhan populasi NTB memiliki wilayah dua pertiga dari keseluruhan luas wilayah NTB. Tentunya hal ini jika mengikuti paradigma pembangunan berbasis populasi maka akan membuat tingkat perhatian dan porsi pembangunan infrastruktur di Pulau Lombok akan lebih besar di bandingkan dengan Pulau Sumbawa. Sekali lagi hal ini adalah sesuatu yang rasional.



Pemerintah Provinsi NTB juga telah manyadari hal ini, terbukti dalam pernyataan yang disampaikan oleh Gubernur NTB 2 Periode Zainul Majdi sebagaimana diberitakan cendananews.com. Majdi menjelaskan, luas antara Lombok dan Sumbawa sangat jauh, luas Pulau Sumbawa sama dengan tiga kali Pulau Lombok. Itulah sebabnya ketika anggaran untuk pembangunan di Pulau Sumbawa, meski besar, tidak akan terlalu nampak kelihatan, karena luasnya wilayah, padahal dari sisi perhatian dan anggaran digelontorkan juga besar.
Akan tetapi terdapat kelemahan dalam paradigma seperti ini terutama terkait dengan kondisi geografis yang ada di NTB. Asumsi ketimpangan pembangunan bisa membuat dampak sosial berupa ketidakharmonisan antara penduduk di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Apalagi secara etnik antara Lombok dan Sumbawa juga terdapat perbedaan dimana pulau Lombok sebagian besar terdiri dari etnis Sasak dan Pulau Sumbawa didominasi etnis Sumbawa dan Bima. Memang patut diakui bahwa NTB termasuk sebagai wilayah dengan toleransi yang sangat bagus dan diakui secara nasional, akan tetapi tentunya hal tersebut lahir dari usaha dan kerja keras dalam mengatasi potensi-potensi yang bisa berdampak sosial. Oleh karena itu, asumsi-asumsi tentang terjadinya disparitas pembangunan antara pulau Lombok dan Pullau Sumbawa harus menjadi perhatian, dieliminir dan dicarikan solusi agar tidak menjadi lebih besar.

Transmigrasi: pemerataan pembangunan lewat pemerataan populasi

Salah satu yang bisa dijadikan solusi dalam mengatasi asumsi negatif yang timbul dari hasil paradigma pembangunan berbasis populasi adalah dengan menyeimbangkan jumlah penduduk yang mendiami kedua pulau utama di NTB tersebut.
Transmigrasi sendiri bukan hal yang baru bagi pemerintah NTB, akan tetapi sudah cukup lama yaitu sejak tahun 1973. Selama kurun wakru tahun 1973 sampai dengan tahun 2008 Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Instansi yang menangani Ketransmigrasian telah mengerahkan transmigrasi sebanyak 45.3179 KK = 178.866 jiwa yang ditempatkan di berbagai daerah transmigrasi.  Hanya saja, secara kuantitas dan kualitas, realisasi ini masih kurang dari yang dibutuhkan. Agar bisa tetap mempertahankan paradigma pembangunan berbasis populasi maka distribusi kepadatan penduduk di dua pulau utama di NTB setidaknya dibutuhkan pergeseran perbandingan populasi antara pulau Lombok dan Pulau Sumbawa dari 3:1 menjadi 2:1. Artinya dalam hitungan kasar perlu ada perpindahan penduduk dari Pulau Lombok ke Pulau Sumbawa sekitar satu juta jiwa yang merupakan jumlah yang sangat besar.
Akan tetapi ada beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan untuk merealisasikan program ini. Pertimbangan-pertimbangan ini diambil dari pengalaman pelaksanaan program transmigrasi tahun-tahun sebelumnya beserta kendalanya, juga dengan melihat pertimbangan potensi yang dimiliki provinsi NTB pada saat ini. Pertimbangan tersebut antara lain yang pertama adalah transmigrasi pada tahun-tahun sebelumnya terkendala diantaranya oleh ketersediaan infrastruktur utama seperti listrik dan air minum. Pengadaan ini sebagian besar bergantung kepada intervensi pemerintah sehingga sulit melahirkan alternatif yang lebih mandiri dari transmigran. Yang kedua, pelaksanaan transmigrasi selama ini terkesan hanya terfokus pada wilyah yang potensial untuk pembukaan lahan pertanian baru.
Berdasarkan kedua poin tersebut, jika ingin meningkatkan realisasi transmigrasi yang bisa menciptakan proporsi populasi yang seimbang antara Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, maka hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah:

1.Kemungkinan pendekatan alternative untuk pengadaan listrik, air minum bahkan sampai sarana perumahan. Hal ini bisa meningkatkan tingkat kemandirian bagi transmigran sehingga tidak semata bergantung pada intervensi pemerintah. Potensi untuk ini sangat besar melihat keberadaan berbagai perguruan tinggi dan komunitas ilmiah yang ada di NTB yang bisa dijadikan motor bagi teknologi alternative tepat guna yang bisa dijadikan untuk merintis daerah-daerah baru. Yang diperlukan adalah keberanian pengambil kebijakan untuk menstimulasi dan merintis jalan menuju ke arah sana.
Sebagai contoh teknologi alternatif yang bisa dimanfaatkan misalnya untuk kelistrikan pembangkit listrik mikrohidro dan pembangkit listrik tenaga surya, untuk perumahan system earthbag, atau model perumahan alternative lainnya yang terbukti murah dan ramah lingkungan. Kesemua alternative ini bisa dilaksanakan dengan pendekatan berbasis komunitas sehingga bisa mengurangi ketergantungan pada intervensi pemerintah sekaligus mendorong kemandirian masyarakat.

2.Perlu juga dipertimbangkan peluang perintisan transmigrasi yang tidak beroriantasi kepada lahan pertanian semata. Artinya transmigrasi juga didedikasikan untuk mengolah sektor lain di luar pertanian. Pulau sumbawa sebagai daerah tujuan transmigrasi punya potensi untuk hal tersebut. Sebagai contoh, wilayah SAMOTA yang bisa dibuka untuk pengelolaan pariwisata dan potensi kelautan.

Kesimpulan

Pembangunan berbasis populasi merupakan pilihan yang rasional untuk diterapkan di Nusa Tenggara Barat, akan tetapi jika ingin dimaksimalkan perlu melihat bagaimana pengelolaan penyebaran penduduk di dua pulau utama di NTB. Transmigrasi degan pengelolaan yang lebih menekankan kemandiarian hanyala salah satu solusi dan mungkin ada banyak solusi lain. Yang menjadi harapan adalah pelaksanaan pembangunan secara merata dan tidak menimbulkan asumsi ketimpangan yang bisa memiliki dampak sosial yang negative.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kabupaten Sumbawa Mengirimkan Duta GenRe ke tingkat Provinsi

Pada tahap final pemilihan Duta GenRe NTB tahun 2019, Kabupaten Sumbawa diwakili oleh 2 orang remaja putri terbaiknya, Lani Melani dan Linda Yuliana. Lani adalah ketua PIK R Racik SMAN 1 Sumbawa sedangkan Linda adalah anggota PIK Risca SMAN 2 Sumbawa sekaligus ketua OSIS SMAN 2 Sumbawa. Keduanya termasuk dari 20 remaja yang telah melewati proses seleksi wal yang dilaksanakan di Dompu untuk Regional Pulau Sumbawa dan di Mataram untuk Regional Pulau Lombok. Lani Meilani Linda Yuliana Kedua siswi tersebut akan mengikuti proses seleksi tahap akhir yang berlangsung tanggal 18-20 April 2019 di Mataram. Kegiatan terdiri dari proses karantina yang diadakan di Hotel Golden Palace selama dua hari dan dilanjutkan dengan malam penganugrahan yang rencananya akan dilaksanakan di Atrium Lombok epicentrum Mall pada tanggal 20 April 2019. Sebelum diberangkatkan menuju kota Mataram, kedua nya telah mempersiapkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan. Diantaranya kedua siswi ini melakukan p

Sosialisasi R/I/PUS Online

R/I/PUS adalah register tingkat RT yang mencatat Identitas PUS yang berada di wilayah tertentu dan status kesertaan ber-KB mereka setiap bulannya. Register ini berbentuk lembaran formulir kertas yang diisi oleh para kader sub PPKBD. Dalam rangka mengefisiensikan pengisian R/I/PUS, Seksi Data P2KBP3A menginisiasi metode pengisian yang memanfaatkan layanan online Google Form. Hal inilah yang mendasari kegiatan sosialisasi pada hari Rabu 31/7 di kecamatan Moyo Hilir. Kegiatan yang dihadiri sub PPKBD se Kecamatan Moyo Hilir sejumlah 49 orang ini, dilaksanakan di Aula Kantor Camat Moyo Holir. Dalam pengantar yang disampaikan pada awal acara, Ka UPT KBPPPA Kecamatan Moyo Hilir, M Ridwan A.Md, mengapresiasi keaktifan para sub PPKBD dan mengharapkan agar kerja sama yang sudah terjalin bersama UPT dan PKB tetap dipertahankan. Sebagai penyaji dalam acara tersebut adalah Kepala Seksi Data DP2KBP3A, Neneng Erlina Indriyati, SE, ME. Dalam pemaparannya, Neneng menyampaikan manfaat pengis

KIKUKNYA PKB/PLKB PADA MASA KAMPANYE

Sehari setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan nomor urut pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Pemilu 2024 melalui undian yang mana hasilnya Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapat nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapat nomor urut 3, tepatnya tanggal 15 November 2023, BKKBN mengeluarkan surat edaran Sekretaris Utama Nomor 17 Tahun 2023 tentang Netralitas bagi Pegawai ASN BKKBN dalam pelaksanaan pemilihan umum tahun 2024. Pun demikian jauh sebelumnya telah ada Surat Keputusan Bersama (SKB) ini ditandatangani oleh sejumlah pejabat kunci pada bulan September 2022, termasuk Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto, serta Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat